loading...
Pengurus
yoga-telanjang-doktersehat

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari karena memiliki banyak manfaat. Selain dapat menyehatkan tubuh, yoga juga bisa membantu menyegarkan pikiran dan meredakan stres.

Umumnya, yoga dilakukan di lantai dengan menggunakan matras. Akan tetapi, baru-baru ini ada satu jenis yoga yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, yakni yoga di atas air atau yang disebut dengan floating yoga.

Seperti namanya, yoga ini dilakukan di atas air bukan di lanti. Di Indonesia sendiri, khususnya di Bali dan Flores, yoga di atas air di lakukan di laut bukan di kolam. Manfaat dari yoga di atas air adalah dapat membatu tubuh menjadi lebih fleksibel serta melancarkan sistem pernapasan.

Namun, banyak yang mengatakan kalau yoga di atas air jauh lebih menantang dibanding dengam yoga di atas daratan. Selain itu, nyatanya yoga di atas air memberi manfaat lain, yakni melatih fokus dan keseimbangan.

Hal ini dikarenakan yoga di atas air harus fokus dan menjaga keseimbangan tubuh pada saat bergerak. Jika sedikit saja salah bergerak, maka tubuh akan jatuh ke dalam air. Oleh sebab itu, pikiran harus fokus pada gerakan tubuh dan pernapasan yang akan dilakukan.

Selain itu, yoga di atas air juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan stres. Sebab, yoga ini memaksa mereka yang melakukannya untuk selalu fokus pada satu titik dan napas. Dengan demikian, rasa stres akan berkurang secara bertahap.

Jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini, Anda bisa melakukannya di kolam renang. Seorang instruktur yoga mengatakan bahwa yoga di atas air aman dilakukan asalkan di kolam renang yang tidak dalam dan justru menciptakan kebahagiaan.

Sumber : DokterSehat.Com