loading...
Pengurus
kipas_tidur_doktersehat_1

Karena gerah, banyak orang yang memilih untuk tidur dengan menyalakan kipas angin semalaman. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada bahaya kesehatan yang bisa didapatkan jika kita menyalakan kipas angin saat tidur, apalagi jika kipas angin ini diarahkan langsung ke tubuh.

Yang menarik adalah, Kelsey Allan dari Sleep Train, salah satu perusahaan produsen kasur menyebutkan bahwa penggunaan kipas angin saat tidur ternyata tidak hanya tentang menurunkan suhu ruangan agar lebih nyaman, melainkan juga karena bisa mendengarkan suara kipas yang bisa menenangkan pikiran dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak?

Menurut Kelsey, saat kita menyalakan kipas angin, tanpa kita sadari kita juga sedang mendengarkan white noise, suara yang mencakup seluruh frekuensi suara dalam pendengaran manusia. Selain suara kipas angin, suara jangkrik dan suara hujan di malam hari juga bisa memberikan efek yang sama, yakni membuat kita lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Psychological Association, dihasilkan fakta bahwa suara kipas angin memang bisa membuat orang tertidur dengan lelap. Hal ini disebabkan oleh pengaruh suara white noise dalam membuat sleep spindle yang bisa membantu kita tidur nyenyak.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology juga menghasilkan fakta yang sama. Dengan mengalami sleep spindle karena mendengarkan white noise, maka kita tidak akan mudah mendengarkan suara bising yang bisa mengganggu tidur.

Hanya saja, mengingat tidur dengan kipas angin bisa berbahaya bagi kesehatan, ada baiknya kita mengarahkan kipas ke tembok, bukannya ke tubuh kita jika ingin tidur nyenyak. Hal ini sudah cukup untuk membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk dan kita pun bisa mendengarkan suara yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Sumber : DokterSehat.Com