loading...
Pengurus

Setelah melewati masa hamil dan melahirkan, biasanya kita akan cenderung sangat memerhatikan kehadiran buah hati. Namun kita juga tidak boleh lupa bahwa ibu sedang memasuki masa menyusui.

Pasca melahirkan ibu justru membutuhkan asupan zat gizi yang umumnya lebih banyak jika dibandingkan dengan masa kehamilan. Pada masa menyusui kebutuhan gizi ibu meningkat karena digunakan untuk pemulihan kondisi ibu serta untuk memproduksi ASI bagi bayi.

Maka dari itu ibu tetap harus memerhatikan asupan zat gizinya selama masa menyusui. Umumnya asupan jenis zat gizi yang penting diperhatikan bagi ibu yang sedang menyusui tidak jauh berbeda dengan saat hamil. Salah satu jenis zat gizi yang penting diperhatikan adalah kalsium.

Kalsium merupakan zat gizi yang harus selalu dipenuhi kebutuhannya baik pada masa kehamilan hingga menyusui. Pada masa menyusui asupan kalsium yang cukup sangat penting itu ibu dan bayi.

Kalsium bagi ibu saat masa menyusui penting untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan, saat masa kehamilan dan atau menyusui, kalsium pada tubuh ibu digunakan untuk kebutuhan janin dan atau bayinya. Maka ibu harus selalu memenuhi penambahan kebutuhan kalsiumnya mulai dari hamil hingga masa menyusui.

Sedangkan bagi bayi, asupan kalsium ibu akan meningkatkan kadar kalsium pada ASI. Dengan memenuhi penambahan kebutuhan kalsium selama masa menyusui ASI akan semakin berkualitas karena adanya kandungan kalsium yang cukup untuk bayi.

Penambahan kebutuhan asupan kalsium harian ibu selama masa menyusui adalah 200 mg. Angka ini dapat diperoleh dari satu gelas susu 200 ml. Maka dari itu susu sering dipilih untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu baik saat hamil atau menyusui.

Maka dari itu jika sejak hamil ibu telah terbiasa mengonsumsi susu, sebaiknya kebiasaan tersebut dilanjutkan.

Namun jika ibu tidak terbiasa minum susu, penambahan kebutuhan asupan kalsium harian ibu dapat diperoleh dari bahan makanan lain seperti ikan teri. Dalam 20 gram ikan teri (3-4 sendok makan) dapat diperoleh asupan kalsium yang sama dengan satu gelas susu.

Penambahan asupan kalsium selama masa menyusui harus tetap tercukupi. Ibu harus tetap mengonsumsi bahan makanan yang kaya kalsium seperti susu atau ikan teri selama masa menyusui agar kondisi kesehatan ibu terdukung dan ASI yang di produksi berkualitas.

Sumber : DokterSehat.Com