loading...
Pengurus
doktersehat-ibu-bayi-suara-perkembangan-otak

Setiap anak memiliki perkembangan berbeda, begitu juga dengan karakter mereka. Ada anak yang mudah menerima kehadiran orang asing, ada juga yang sebaliknya. Setiap temperamen anak membutuhkan pola asuh yang berbeda. Nah, sudahkah Bunda mengenali temperamen yang dimiliki anak Anda?

Jenis temperamen anak dan pola asuh yang cocok untuk anak

Secara umum, ada beberapa jenis temperamen pada anak:1. Easy temperamentAnak dengan temperamen easy ditandai dengan mudah bergaul atau mudah beradaptasi dengan orang yang baru dikenalnya. Bagi orang tua yang memiliki anak dengan temperamen easy, orang tua perlu mengenalkan batasan apa saja yang boleh dan dilakukan oleh orang asing tersebut. Misalnya, anak harus tahu bahwa orang asing tidak boleh sembarangan mencium anak, dan hal sebagainya.2. Difficult temperamentAnak dengan temperamen jenis ini lebih susah menerima kehadiran orang lain. Ia mungkin akan bersikap tidak ramah pada orang-orang yang baru ia kenal. Tantangan bagi orang tua yang memiliki anak dengan temperamen difficult adalah harus mengenalkan secara perlahan-lahan lingkungan baru pada anak hingga mereka mulai nyaman dengan lingkungan tersebut.

Hindari memaksa anak agar cepat beradaptasi. Sebaiknya terus motivasi anak untuk dapat menerima lingkungan barunya dengan terus menggali hal-hal menyenangkan yang dirasakan si kecil.3. Slow to warm up temperamentNah, untuk temperamen jenis ini anak butuh waktu untuk mengenal lingkungannya terlebih dahulu dan ketika sudah merasa nyaman, baru anak akan beradaptasi. Jangan terburu-buru menyuruh anak untuk ikut aktif atau terlibat dalam kegiatan baru, namun beri waktu beberapa saat bagi anak untuk melihat situasi. Setelah anak merasa nyaman, ia pastikan ikut menikmati kegiatan tersebut.

Bagaimana Mom, anak Anda termasuk tipe yang mana?

Sumber : DokterSehat.Com