loading...
Pengurus
cara sehat turunkan berat badan

Memiliki berat badan yang sesuai dengan kondisi tubuh kita tentu menjadi keinginan banyak orang. Kadang beberapa orang sering membuat acuan atau target berat badan yang hanya sesuai dengan keinginannya. Padahal target berat badan sebaiknya dihitung untuk untuk mengetahui berat badan ideal yang sesuai dengan kondisi tubuh kita.

Berat badan ideal adalah berat badan yang memerhatikan kondisi tubuh, melalui nilai tinggi badan. Tinggi badan pada usia dewasa umumnya sudah tidak dapat lagi bertambah. Sehingga tinggi badan merupakan patokan tetap sedangkan berat badan kita dapat berubah. Maka dari itu mengetahui berat badan ideal adalah langkah yang tepat untuk menentukan target yang sesuai dengan kondisi fisik tubuh kita.

Untuk mengetahui berat badan ideal tubuh kita dapat dilakukan dengan menghitung melalui rumus. Ada beberapa rumus yang dapat digunakan yaitu rumus Brocca dan rumus berdasarkan IMT atau Indeks Massa Tubuh.

Kedua rumus diatas sama-sama menggunakan nilai tinggi badan kita untuk acuan dari masing-masing rumus. Namun pengggunaan rumus berdasarkan IMT memerhatikan berapa kilogram berat badan yang sesuai dengan tinggi badan kita. Serta rumus berdasarkan IMT cenderung lebih mudah dan cepat dalam menghitungnya.

Menurut buku Pedoman Pelayanan Dietetik RI, untuk mengetahui berat badan ideal kita dari rumus berdasarkan IMT adalah dengan mengitung nilai dari kuadrat tinggi badan (dalam meter) dikalikan dengan 21, untuk perempuan. Sedangkan untuk laki-laki nilai kuadrat tinggi badan (dalam meter) dikalikan dengan 22,5.

Hasil yang ditunjukkan adalah suatu nilai yang menunjukkan berapa berat berat badan yang ideal untuk tubuh kita. Rumus tersebut dapat kita gunakan untuk orang dewasa yaitu pada usia 19-40 tahun.

Berat badan yang sesuai dengan tubuh kita ditentukan dengan menghitung melalui suatu rumus untuk mengetahui berat badan ideal. Dengan mengetahui berat badan yang ideal untuk tubuh, kita akan mempunyai acuan atau target yang tepat untuk mendukung kondisi kesehatan tubuh yang optimal.

Sumber : DokterSehat.Com