loading...
Pengurus
kurma-doktersehat

Menjelang bulan Ramadhan, tentu Anda akan banyak menjumpai penjual kurma. Buah yang identik dengan Ramadhan ini merupakan buah yang berserat tinggi. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi beberapa buah kurma saat berbuka puasa juga dapat mengembalikan energi tubuh Anda. Namun, siapa yang menyangka ternyata kurma juga memberikan manfaat, terutama dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Hal ini lantaran kurma dilengkapi dengan bahan-bahan aktif seperti:

Photo Credit: flickr.com/Rcakewalk

1. Protein

Dilansir dari laman The Spice Detective, kurma ternyata juga mengandung protein. Protein pada kurma ternyata dapat menjaga kelembapan sel kulit secara optimal. Tidak hanya itu saja, protein juga mencegah kulit mengalami penuaan dini yang memicu sejumlah masalah. Mulai dari kulit kusam hingga keriput.

2. Vitamin C

Bahan lainnya yang terkandung pada buah kurma adalah vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga menjaga produksi kolagen tetap stabil sehingga kulit tetap kencang dan kenyal.

3. Vitamin A

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui jika buah satu ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A. Vitamin A tidak hanya ampuh meluruhkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kulit. Namun juga menstimulasi regenerasi sel-sel kulit baru sehingga kulit tampak lebih awet muda dan glowing.

4. Vitamin B

Sejumlah masalah kulit biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B. Namun, siapa yang akan mengira jika kurma menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin B di dalamnya. Vitamin B sendiri dapat membantu memudarkan garis halus mau pun stretch marks.

Tidak hanya mengandung serat tinggi, kurma ternyata juga dilengkapi dengan sejumlah bahan alami yang baik untuk kulit. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit secara alami. Anda juga dapat mengombinasikan kurma dengan bahna-bahan lain yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Sumber : DokterSehat.Com