loading...
Pengurus

Fosfor merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di dalam tubuh, fosfor akan diubah dalam bentuk fosfat yang berfungsi sebagai pengangkut zat gizi pada peredaran darah. Meskipun memiliki fungsi yang cukup penting bagi metabolisme tubuh, namun kandungan fosfor yang berlebih dalam tubuh juga tidak baik bagi kesehatan.

Penyebab kandungan fosfor berlebih pada bayi

Kondisi kelebihan fosfor dalam tubuh disebut dengan hiperfosfatemia. Hiperfosfatemia adalah kondisi saat terlalu banyak fosfat dalam darah yang disebabkan oleh asupan fosfor yang berlebih. Pada anak-anak, kadar fosfor dikatakan tinggi apabila kadar fosfor di atas 7 mg/dL.

Hiperfosfatemia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya rendahnya hormon paratiroid, tingginya vitamin D, infeksi serius dalam tubuh atau kondisi penyakit ginjal. Pada bayi, umumnya kelebihan fosfor ini disebabkan karena kadar fosfat yang tidak seimbang. Kondisi ini sangat terkait dengan fungsi ginjal yaitu mengendalikan kadar fosfat. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka kelebihan fosfat tidak bisa dibuang dengan baik hingga terjadilah hiperfosfatemia.

Akibat hiperfosfatemia pada bayi

Beberapa bahaya kelebihan fosfor yang perlu Anda waspadai antara lain:1. Penyakit tulang Saat tubuh kelebihan fosfor, fosfor akan mengikat kalsium dalam darah sehingga membuat kadar kalsium dalam darah menurun. Kondisi ini disebut dengan istilah hipokalsemia, yaitu berkurangnya kadar kalsium dalam tubuh. Kondisi ini dapat membuat tulang mudah retak dan patah.

2. Gangguan pada ginjalSalah satu bahaya kelebihan fosfor adalah fosfor yang berlebih dapat mengendap di bagian ginjal sehingga dapat memicu infeksi ginjal. Jika anak Anda memiliki gejala kelebihan fosfor, maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung fosfor seperti susu dan soda.

3. Kejang dan hilang kesadaranKelebihan fosfor dapat menyebabkan gejala sesak napas, mual, kelelahan, susah tidur, hingga memicu kejang dan kehilangan kesadaran.

Cara mengatasi kelebihan fosfor

Jika Anda menemukan gejala kelebihan fosfor pada si kecil, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan. Umumnya kondisi ini akan diatasi dengan pemberian infus kalsium glukonat. Pada bayi, hiperfosfatemia dapat membaik setelah 1-2 minggu setelah bayi menjalani penanganan.

Sumber : DokterSehat.Com