loading...
Pengurus
doktersehat-wanita-punggung-gatal-merah-itchy-kulit-alergi-Pruritus-garuk-cacar-air

Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa rasa gatal pada kulit merupakan hal yang wajar, sebab rasa gatal tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan, gigitan serangga, alergi terhadap makanan atau minuman, dan lain sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa rasa gatal yang Anda alami bisa mengindikasikan penyakit yang sedang menyerang tubuh Anda? Sebuah studi mengemukakan bahwa rasa gatal yang terjadi dalam jangka waktu panjang dan terasa berbeda kemungkinan besar dikarenakan penyakit berbahaya dan mematikan sedang menyerang tubuh Anda. berikut adalah beberapa penyakit berbahaya dan mematikan yang berkaitan dengan rasa gatal, diantaranya:

1. Gangguan Hati

Menjaga kesehatan organ dalam tidak boleh sembarangan, sebab kesehatan organ dalam sangat berpengaruh pada nyawa seseorang. Salah satu organ dalam yang harus selalu dijaga kesehatannya adalah hati. Namun, ketika organ hati Anda sedang mengalami gangguan, maka dia akan memberikan tanda pada tubuh Anda. rasa gatal di seluruh tubuh tanpa alasan juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit hati. Rasa gatal tersebut terjadi akibat empedu yang terakumulasi di hati yang menyebabkan kadar asam dalam darah meningkat.

2. Penyakit Ginjal

Selain hati, ginjal merupakan organ dalam yang sangat penting bagi tubuh. Organ ini berfungsi dalam sistem pembuangan. Jika ginjal Anda mengalami masalah, maka system pembuangan Anda tidak akan berjalan dengan baik. Ketika ginjal Anda mengalami gangguan, maka akan menimbulkan rasa gatal. Hal tersebut juga dibenarkan oleh sejumlah penelitian yang mencatat bahwa orang yang menderita penyakit ginjal akan merasa gatal pada kulitnya. Hal tersebut terjadi karena racun dan limbah yang tidak dapat keluar dari tubu akan masuk ke aliran darah dan menyebabkan kulit terasa gatal.

3. Penyakit Tulang Belakang

Penyakit terakhir yang bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit adalah penyakit tulang belakang. Penyakit ini akan menimbulkan rasa gatal yang parah pada punggung atau punggu bagian tengah tanpa ruam. Kondisi ini biasanya terjadi akibat cedera atau peradangan di beberapa bagian sumsum tulang belakang. Rasa gatal tersebut datang karena saraf dalam dan di sekitar sumsum tulang belakang rusak, sehingga membuatnya terjepit dan menimbulkan rasa gatal di area tersebut.

Sumber : DokterSehat.Com