loading...
Pengurus
ilustrasi-ibu-dan-bayi-doktersehat

Sebuah kasus kelahiran yang aneh muncul di sebuah desa yang ada di Eastern Cape, Afrika Selatan. Para warga bingung dan keheranan saat mengetahui seorang bayi terlahir dari tubuh ibu yang sudah meninggal. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Sang ibu, Nomvelisso Nomosonto Mdoyi meninggal dalam kondisi mengandung 9 bulan, masa dimana Ia seharusnya akan melahirkan, karena mengalami gangguan pernafasan. Yang tidak disangka adalah, 10 hari kemudian, Ia ternyata tetap bisa melahirkan meski kondisinya sudah tak bernyawa.

Di Afrika Selatan, proses pemakaman memang tidak secepat yang dilakukan di Indonesia. Demi memberikan waktu bagi para keluarga untuk berkumpul atau melihat jenazah untuk terakhir kalinya, kadangkala membutuhkan waktu berhari-hari hingga seseorang akhirnyadimakamkan. Lindokuhle Funeral yang mengurus pemakaman Mdoyi mengaku sangat kaget saat melihat sang bayi keluar dari tubuh sang ibu. Karena terlalu kaget, para pengurus jenazah bahkan sampai tidak memperhatikan apa jenis kelamin dari sang bayi tersebut.

Sayangnya, bayi yang dilahirkan ini ternyata juga sudah tidak bernyawa. Akhirnya, pihak keluarga pun meminta pengurus pemakaman untuk memakamkan keduanya bersamaan di dalam peti jenazah yang berukuran lebih besar.

Mbikelwa Mpithi yang merupakan kerabat dari Mdoyi mengaku akan bertanya pada pakar kesehatan untuk mengetahui apakah memang normal jika seorang ibu yang meninggal saat hamil masih tetap bisa melahirkan. Hanya saja, berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh The Daily Dispatch, janin di dalam kandungan ibu yang meninggal memang tetap bisa lahir akibat dari adanya kontraksi serta relaksasi otot pada tubuh manusia saat meninggal. Adanya bakteri yang muncul dari jasad tubuh yang sudah meninggal juga ikut mendorong bayi agar bisa keluar dari tubuh sang ibu.

Sumber : DokterSehat.Com