loading...
Pengurus
batas kadar asam urat normal pria

Dibandingkan dengan wanita, pria memang lebih sering tidak acuh dengan kesehatan tubuhnya. Asal tidak terkena penyakit serius, pria akan menganggap tubuhnya sehat. Selain itu, pria juga malas memeriksakan tubuhnya kalau memang tidak butuh atau diwajibkan untuk melakukannya.

Sebenarnya, memeriksakan kesehatan rutin adalah hal wajib bagi pria. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, tubuh akan selalu sehat dan risiko penyakit mematikan bisa dihindari. Berikut tujuh hal yang harus dicek oleh pria secara rutin.

1. Gula darah

Pemeriksaan darah tidak hanya dilakukan untuk mengetahui tinggi atau rendahnya tekanan systole dan diastole saja. Lebih dari itu, pemeriksaan darah juga dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah dan ada atau tidaknya peluang terkena diabetes.

2. Prostat

Pemeriksaan prostat harus dilakukan paling tidak setahun sekali. Dengan melakukan pemeriksaan rutin ini, Anda akan tahu ada atau tidaknya kanker di prostat. Kalau tidak ada berarti Anda aman. Namun kalau sampai ada gangguan pada prostat, pengobatan atau operasi harus segera dilakukan.

3. Pemeriksaan Kolesterol

Pemeriksaan kolesterol harus dilakukan oleh pria untuk mengetahui tinggi atau rendahnya kadar LDL atau kolesterol jahat. Kalau kolesterol tinggi Anda harus menurunkannya agar risiko terkena penyakit kardiovaskular bisa diturunkan

4. Pemeriksaan penyakit menular seksual

Tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri terkait dengan penyakit menular seksual. Dengan memeriksakan diri Anda akan tahu apakah tubuh berisiko alami gangguan berat atau tidak.

5. Pemeriksaan organ vital

Selain empat hal di atas, Anda juga harus melakukan pemeriksaan rutin terkait dengan organ vital lain seperti jantung, paru-paru, otak, ginjal, hati, dan lainnya. Lakukan pemeriksaan rutin paling tidak setahun sekali.

Inilah beberapa hal yang harus dicek oleh pria untuk mengetahui kesehatan tubuhnya. Semoga bisa segera dipraktikkan.

Sumber : DokterSehat.Com