loading...
Pengurus
minuman-sehat-doktersehat

Ingin hidup sehat? Cara mewujudkannya adalah tentu saja dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satu kunci dari pola hidup sehat adalah berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika makanan sehat adalah yang nutrisinya seimbang, bagaimana jenis minuman sehat yang sebaiknya kita konsumsi?

Minuman Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Tubuh yang sehat tentunya berasal dari asupan makanan dan minuman yang sehat. Jadi, jangan anggap sepele apa yang Anda minum karena akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Mulai hari ini, biasakan hidup sehat dengan daftar minuman sehat di bawah ini, yuk!

1. Jus buah

Minuman sehat yang pertama adalah jus buah. Ya, buah-buahan yang kaya vitamin dan mineral memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Konsumsi jus buah merupakan cara yang praktis untuk menikmati buah-buahan.

2. Jus sayur

Selain jus buah, jus sayur juga termasuk ke dalam daftar minuman sehat. Jika ingin rasanya lebih lezat, perpaduan jus buah dan sayur juga sangat patut untuk dicoba. Jangan menambahkan gula sebagai pemanis ke dalam jus, karena pada dasarnya rasa manis sudah berasal dari buah-buahan. Jika menginginkan rasa yang lebih manis, cobalah untuk menambahkan madu sebagai pemanis tambahan.

3. Smoothies

Smoothies tidak berbeda jauh dengan jus karena bahan dasarnya juga merupakan sayuran dan buah-buahan. Bedanya adalah smoothies menggunakan buah yang teksturnya kental ketika dihancurkan dan mendapatkan tambahan yogurt atau susu kental manis.

Jus maupun smoothies sama-sama baik untuk kesehatan, bedanya adalah kandungan vitamin lebih banyak pada jus karena buah dan sayuran yang digunakan untuk mendapatkan segelas jus lebih banyak dari smoothies. Sedangkan pada smoothies, jumlah serat lebih unggul karena buah dan sayur yang sudah diblender tidak perlu disaring sebelum diminum.

4. Susu rendah lemak

Susu adalah minuman sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman satu ini merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Ada banyak sekali jenis susu, jenis susu cair rendah lemak adalah yang paling direkomendasikan jika Anda menginginkan susu yang sehat.

5. Teh jahe

Jahe memang tidak hanya berperan sebagai bumbu dapur, tapi juga dikenal dengan obat herbal. Jahe yang kaya antioksidan ini sering digunakan untuk meredakan sakit perut dan juga gejala flu. Rasa hangat biasanya akan timbul sesaat setelah minum teh jahe. Konsumsi teh jahe secara rutin dapat meningkatkan ketahanan tubuh seseorang.

6. Air lemon atau jeruk

Lemon dan jeruk memilki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain sebagai sumber vitamin alami, minuman ini juga dapat menyegarkan. Jika ingin mengonsumsinya di pagi hari, sebaiknya pilihlah air lemon atau jeruk hangat. Namun karena sifatnya asam, air lemon atau jeruk tidak disarankan diminun dalam konsidi perut kosong oleh pemilik gangguan pencernaan seperti maag.

7. Infused water

Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan berbagai potongan buah, sayur, dan rempah dan disimpan di dalam lemari pendingin selama 1-12 jam. Minuman sehat satu ini dipercaya baik untuk sistem pencernaan, detoksifikasi, dan juga membantu menurunkan berat badan. Buah yang paling umum dijadikan sebagai infused water adalah seperti lemon, timun, strawberry, dan masih banyak lagi.

8. Yogurt

Yogurt adalah salah satu hasil fermentasi dari susu. Sebagai produk fermentasi, yogurt memiliki kandungan probiotik yang sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, kebaikan dari susu juga tentunya masih tersimpan dalam yogurt. Minuman sehat satu ini dapat bekerja lebih baik ketika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong, lho!

9. Air kelapa

Air kelapa mengandung beberapa vitamin dan mineral yang juga merupakan elektrolit. Selain mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh, air kelapa juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Konsumsi air kelapa sebaiknya sesaat setelah dikeluarkan dari kelapa, karena air kelapa tidak dapat disimpan terlalu lama, di dalam lemari es sekalipun.

10. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai jenis teh yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Tidak heran jika teh hijau masuk ke dalam daftar minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Teh hijau yang paling baik tentunya adalah teh yang diseduh tanpa tambahan gula dan bukan teh hijau yang sudah diolah menjadi berbagai minuman manis.

11. Cokelat panas

Cokelat panas adalah minuman yang paling cocok untuk memulai hari atau untuk sekedar menemani bersantai di waktu senggang. Cokelat yang mangandung banyak antioksidan tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga mampu untuk membangkitkan mood dan menciptakan rasa nyaman serta bahagia setelah mengonsumsinya.

12. Air putih

Jika berbicara tentang minuman sehat, tentunya air putih atau air mineral tidak boleh dilewatkan. Apapun yang kita minum, kebutuhan air putih yang cukup tetap harus dipenuhi. Kabutuhan rata-ratanya adalah 8 gelas per hari, tapi bisa lebih banyak bergantung pada aktivitas fisik yang kita jalani.

Kunci dari makanan dan minuman yang sehat pada dasarnya ada di pola konsumsinya. Minuman atau makanan yang sehat, bisa saja menjadi tidak sehat jika dicampurkan dengan bahan yang tidak sehat atau jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pemilihan konsumsi makananan dan minuman yang sehat pada setiap orang juga tentunya berbeda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Selain mengonsumsi makanan dan minuman sehat, jangan lupa untuk menerapkan pola tidur yang baik dan juga olahraga rutin untuk mewujudkan pola hidup yang sehat. Selamat mencoba, Teman Sehat!

Sumber : DokterSehat.Com